5 Tips dan Trik Android Marshmallow

0
1634

Google sudah resmi memperkenalkan Android 7.0 dengan kode nama Nougat. Meski begitu, perangkat Android masih banyak dengan sistem Android Lollipop – Marshmallow. Artikel ini akan membahas tentang Tips dan Trik Android Marshmallow.

Pilihan jatuh ke Marshmallow karena posisi berada ditengah-tengah antara yang terbaru dan versi android sebelumnya serta banyak perangkat Lollipop baru mendapatkan update ke Android Marshmallow 6.0.

Kelebihan Android Marshmallow dibandingkan sebelumnya adalah Android Doze, now on tap, izin aplikasi lebih baik dan lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut Android Marshmallow lebih irit daya dan lebih aman.

Cara menggunakan Google Now on Tap

Google Now on tap merupakan fitur yang mampu memberikan informasi relevan pada layar android. Tentu saja informasi yang ingin dicari dan didapatkan pada layar bisa coba dicari dengan Google Now on tap.

Untuk menggunakan Google Now on tap cukup tekan tombol home lalu geser keatas. Nah, Google akan menampilkan informasi yang bisa didapatkan dari layar tersebut.

Google Now on Tap

Hasil yang sesuai layar tersebut bisa menampilkan informasi Google Search, Akun sosial media, Web terkait, Gambar dan lainnya. Jadi Google Now on Tap ini sangat mempermudahkan untuk melakukan apa yang ada di layar perangkat Android Oprekers. Tidak mesti bersifat teks, karena apapun yang dilayar bisa dicoba.

Screenshot rahasia di Android Marshmallow

Langkah ini mirip seperti Google on Tap, cuma membutuhkan sedikit langkah berikutnya. Aktifkan Google on Tap dengan tekan tombol home lalu geser keatas. Selanjutnya pilih logo share pada bagian bawah. Perangkat Android Oprekers akan mencapture bagian layar, lalu pilih share ke Gallery/sosmed/atau lainnya untuk menyimpan gambar.

Bisa dibilang cara ini lebih mudah dibandingkan screenshot dengan cara lama, yakni menekan tombol power + volume down/home secara bersamaan.

Memaksimalkan Android Doze

Android Doze sendiri merupakan fitur di Android Marshmallow untuk mengaktifkan aplikasi stanby, jadi tidak ada aplikasi yang membuat boros baterai. Untuk mengaktifkan Android Doze ada Settings > pilih Battery > klik tiga titik dipojok kanan > pilih Battery Optimization. Selanjutnya pada bagian Not Optimized di klik, terakhir ganti opsi tersebut menjadi All Apps.

Oprekers akan bisa melihat aplikasi mana saja yang sudah dioptimalisasi penggunaannya dengan Android Doze. Untuk memberikan pengaturan standar/lepaskan fitur doze, cukup klik aplikasi yang diinginkan lalu pilih Don’t Optimize (tidak disarankan).

Android Doze

Menerjemahkan secara langsung

Jika Oprekers pengguna Google Translate dan sering menggunakan aplikasi ini di Android Marshmallow ada fitur eksklusifnya loh! Google Translate dan Android Marshmallow dapat menerjemahkan disemua aplikasi secara langsung.

Untuk memulai, aktifkan dulu fiturnya. Buka Google Translate > Klik tiga garis dipojok kiri atas > pilih Settings. Selanjutnya pilih Tap on Translate > centang pada bagian Enable Tap to Translate > Klik TURN ON. Langkah terakhir klik ON pada bagian Permit drawing over other apps.

Untuk menggunakannya cukup copy paste di teks pada aplikasi manapun, akan ada logo Google Translate di pojok kanan atas. Sentuh logo tersebut, kata yang di copy paste tersebut akan dengan mudah diterjemahkan.

Mengubah/kostumisasi Quick Setting

Quick Setting di notification bar merupakan jalan pintas untuk akses blueooth, wifi, nfc, dan lainnya. Untuk megubahkan di Android Marshmallows butuh sedikit trik tersembunyi.

Caranya swipe kebawah untuk menampilkan ikon pengaturan. Sentuh ikon tersebut lalu tahan, System UI Tuner yang sebelumnya tersembunyi akan muncul di menu settings. Oprekers bisa manambahkan/mengurangi Quick Settings yang diinginkan.
System UI Tuner Android Marshmallow

LEAVE A REPLY