Review Asus Zenfone Selfie: Smartphone Unggulan untuk Cekrek

0
1157

Asus Indonesia kembali merilis smartphone Android unggulannya. Pada ajang Zen Festival yang lalu di ballroom hotel The Ritz Carlton, Asus memperkenalkan jajaran seri Zenfone terbaru. Salah satunya adalah Asus Zenfone Selfie ZD551KL, sesuai namanya pastinya perangkat ini mengedepankan pada sisi kameranya, lebih tepat lagi adalah kamera depan untuk cekrek atau mengambil gambar. Bagaimana kinerja dari Asus Zenfone Selfie dan hasil foto dengan kamera depan beresolusi 13 MP ini? Berikut ulasannya.

Tampilan Fisik

Secara keseluran hampir tidak ada perbedaan pada desain dari Zenfone Selfie ini jika dibandingkan dengan seri Zenfone lainnya. Zenfone Selfie masih hadir dengan bahan glossy dan bentuk belakang yang melengkung merefleksikan sesuai dengan bentuk tangan saat menggenggam. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Asus Zenfone 2, saat menggenggm Zenfone Selfie akan terbiasa karena penempatan tombol power dan volumenya masih sama. Yakni tombol power berada di sisi atas tengah, sementara tombol volume berada di cover belakang. Lubang usb untuk keperluan transfer data dan pengisian daya terdapat di bawah.

Lari ke sektor dalam, Zenfone Selfie saat dibuka cover belakang memiliki keunggulan dengan sifat baterainya yang removable. Sehingga Oprekers tidak perlu repot untuk nantinya copot pasang baterai apalagi melakukan pergantian baterai jika nanti baterai lama telah usang. Untuk pemasangan micro SIM utama sedikit membingungkan karena hampir bersamaan dengan slot micro usb. Tapi percayalah karena slotnya sudah didesain khusus tak perlu khawatir nantinya akan tertukar.

Harga-dan-Spesifikasi-Asus-Zenfone-Selfie-ZD-551KL-Berkamera-13MP

Display

Asus Zenfone Selfie memiliki layar sebesar 5.5 inch dengan resolusi full HD 1980 x 1080, sudah merupakan jenis layar untuk smartphone kelas atas saat ini. Kerapatan pikselnya juga tergolong besar, yakni 403 dan sudah mengadopsi teknologi Asus TruVivid yang semakin memanjakan mata. Soal perlindungan, sudah menggunakan teknologi Corning Gorilla Glass terbaru yaitu generasi keempat.

Hardware

Untuk kinerjanya Asus Zenfone Selfie dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8939 dengan prosesor 64-bit octa-core Snapdragon 615 dan soal grafik diproses Adreno 405 dengan OpenGL ES 3.1., Untuk RAM-nya menyesuaikan dengan varian yang Oprekers beli nantinya. Karena terdapat dengan kapasitas RAM 2 GB (memori internal 16 GB dan RAM 3 GB (memori internal 32 GB). Semakin besar tentu kinerjanya semakin baik. Dengan spesifikasi ini, Asus Zenfone Selfie sudah mampu untuk menjalankan multitasking dan keperluan grafik berkualitas tinggi seperti bermain game HD. Hasil pengujian dengan aplikasi Antutu Benchmark didapatkan skor berkisar pada angka 30.000-an.

Screenshot_2015-12-14-18-50-47 Screenshot_2015-12-14-18-50-53

Asus Zenfone Selfie sudah mengadopsi dual-sim card. Keduanya dapat berlari ngebut saat berinternetan karena sudah 4G LTE. Baterai berkapasitas 3.000 mHa dirasa sudah cukup untuk keperluan penopang daya sehari-hari. Sayangnya untuk pengisian daya belum mengusung teknologi pengisian daya cepat (fast charging). Meski begitu untuk pengisian full tidak sampai membutuhkan waktu yang lama. Dengan waktu sekitar 2,5 jam dari indikator 15% hingga 100%.

Software

Masih dengan Android Lollipop 5.0.2 dan tampilan khas ZenUI, saat mencoba Zenfone Selfie sudah terdapat notifikasi pembaharuan software sebesar 454 MB untuk ke versi 1.13.40.661. Terdapat beberapa perbaikan bug dan kinerja, peningkatan kualitas kamera dan peningkatan saat browsing karena adanya isu frame rate.

Screenshot_2015-12-14-18-01-38

Aplikasi-aplikasi ZenSoftware tentu dihadirkan pada Zenfone Selfie. Terdapat beberapa aplikasi seperti: ZenUI Launcher, senter, kalkulator, telepon, Asus kontak, gallery dan file manager. Loh kok hanya sedikit? Jujur saja, masih banyak lagi aplikasi dari Asus dan non-asus yang terinstall di Zenfone Selfie. Hanya aplikasi yang penulis sebutkan yang sering digunakan sisanya masih bersifat bloatware yang mengganggu. Saat ada waktu senggang, Oprekers bisa men-disable aplikasi yang menggangu.

Screenshot_2015-12-14-18-01-57

Bonus kapasitas Google Drive 100 GB yang dapat digunakan selama 2 tahun merupakan tambahan lumayan loh. Total bonus ini diberikan seharga kurang lebih lima ratus ribuan.

Soal software update Asus termasuk sering yang mengupdate software, lumayan cepat dan termasuk loyal. Bukan cepat peningkatan sistem operasi loh ya, tapi peningkatan versi. Peningkatan versi diperuntukan untuk menambahkan fitur baru, perbaikan masalah dan perbaikan kinerja. Karena merupakan smartphone baru tentunya update ke Android Marsmallow akan bisa dinikmati.

Screenshot_2015-12-14-18-02-05

Kamera

Nah, sekarang mari kita ulas keungulan Zenfone Selfie, pasti sektor kamera yang diutamakan. Tidak main-main untuk resolusi kedua kamera (kamera depan dan kamera belakang) sudah beresolusi 13 MP dengan sensor dari Toshiba, teknologi laser untuk kecepatan fokus dan dual LED real tone flash.

Untuk teknologi laser yang ada, Oprekers hanya membutuhkan waktu sebesar 0,03 detik untuk mendapatkan fokus gambar. Waktu ini tergolong cepat. Tambahan fitur teknologi PixelMaster dari Asus, fitur kamera akan semakin bervariasi. Total terdapat tujuh belas mode yang dapat dicoba untuk kamera belakang dan sepuluh mode untuk kamera depan.

Soal hasil kamera depan dengan 13 MP-nya tentu bisa diandalkan untuk Selfie. Layarnya yang besar dan hasil tangkapan foto juga masih unggul dengan smartphone sekelasnya. Di mana view untuk Asus Zenfone Selfie mampu menampung area yang lebih luas. Mode PixelMaster yang menarik untuk kamera adalah Selfie Panorama. Mode ini akan memberikan hasil foto panorama dengan menggunakan kamera depan sangat cocok untuk selfie beramai-ramai bersama keluarga atau teman.

P_20151215_114620

P_20151215_135711

P_20151215_094605_BF

P_20151215_094608_BF

P_20151215_111408_BF

P_20151215_111642_BF

Kesimpulan

Asus Zenfone Selfie pantas dimiliki bagi para penggemar selfie karena memiliki dual-camera 13 megapiksel dengan fitur fokus laser ultra cepat dan teknologi PixelMaster dari Asus. Kinerja dari smartphone ini juga dapat diandalkan, apalagi jika Oprekers memilih Asus Zenfone Selfie dengan kapasitas RAM 3GB. Lagi-lagi untuk soal harga, seri Zenfone masih terjangkau dibandingkan rival sekelasnya. Keunggulannya dibandingkan dengan yang lain Zenfone Selfie memiliki dual kamera 13 MP,  dual-sim card yang sama-sama support 4G LTE, pelindung layar Corning Gorilla Glass terbaru generasi keempat, dan bluetooth versi terbaru yang lebih hemat daya. Zenfone Selfie dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB sudah bisa dipesan melalui Asus Store seharga kurang dari Rp 3 juta. Tertarik? Silahkan kunjungi web Asus Store dengan klik link ini.

LEAVE A REPLY