Review Asus Zenpad Z370CG Theater Edition, Tablet Android dengan Kualitas Audio Menawan

1
725

Asus kembali merilis jajaran tablet terbaru nya. Kali ini Asus menghadirkan inovasi baru dalam tablet Android nya dalam pengalaman multimedia khususnya soal audio. Adalah Asus Zenpad seri Z370CG yang dijadikan tablet Android dengan tambahan audio cover agar suara yang dihasilkan serasa memiliki home theater.

Keunggulan tablet dengan dimensi layar yang besar dibandingkan smartphone memang akan serasa nyaman jika digunakan untuk menonton. Kelebihannya lagi, jika menggunakan tablet ini Oprekers bisa menikmati pengalaman home theater yang bisa dibawa kemana saja. Bagaimana review tablet terbaru ini? Berikut review Asus Zenpad Z370CG Theater Edition, Tablet Android dengan kualitas audio menawan.

Tampilan Fisik

Secara tampilan, tablet ini memiliki design yang menarik dan stylish. Bagi Oprekers yang suka akan gaya dan hiburan, tablet ini pantas untuk dilirik. Dilihat secara fisik, tablet Asus Zenpad Z370CG dengan cover belakang bawaan (tanpa cover audio) sudah terlihat keren karena ukurannya yang tipis dan design bahan seakan-akan seperti bahan kulit. Padahal, kalau dilihat secara jelas hanyalah sebuah cover plastik biasa. Ya, bisa dibilang tablet ala PRADA wanna be. Sementara jika dipasangkan dengan Audio Cover, Zenpad 7.0 inch ini semakin cantik dan menawan. Bahan yang digunakan lebih terkesan premium dan semakin keren untuk dipamerkan.

download_20160109_173408-picsay

download_20160109_173403-picsay

Sekarang mari bahas tampilan utama dari tablet ini. Dengan layar sebesar 7.0 inch dan rasio mencapai 72% terdapat bingkai berbahan metal aluminium yang mengelilingi tablet. Urusan tombol semuanya (power dan volume) terdapat pada sisi kanan tablet.

Terakhir dibelakang terdapat kamera dan jika cover dibuka, tersedia slot sim card dengan konektifitas 3G dan slot micro sd tambahan mencapai kapasitas 128 GB serta baterai yang bersifat non-removable.

download_20160109_172619-picsay

Display

Tablet Asus Zenpad memiliki ukuran layar 7.0 berjenis IPS display dengan resolusi 1280 x 800. Soal kerapatan piksel memang tidak terlalu besar, hanya 216. Tetapi pada tablet ini Asus sudah menghadirkan teknologi ASUS tru2life agar gambar yang dihasilkan lebih realistis. Soal perlindungan, Asus sudah memberikan teknologi layar yang terkenal yakni Corning Gorilla Glass. Dan perlindungan layar dari sidik jari yakni Oleophobic Coating.

download_20160109_173413-picsay

Hardware

Bicara soal isi jeroan tablet ini, memang sudah cukup mumpuni untuk menyajikan hiburan multimedia dan bermain game. Dibekali dengan prosesor intel empat inti x3 C3230 berarsitektur 64 bit, grafik menggunakan Mali-450 MP4 dan RAM sebesar 2 GB. Alhasil skor kinerja pada aplikasi test Antutu Benchmark mencapai diangka 19.000-an.

Sayangnya, untuk Oprekers yang sering bermain game. Tablet ini tidak terlalu direkomendasikan. Kenapa? Alasannya adalah kapasitas baterai nya yang hanya 3450 mha. Daya baterai akan cepat terkuras jika melakukan bermain game. Jika ingin menikmati game sebaiknya memilih Zenpad 8.0, tablet ini memiliki spesifikasi lebih unggul dan kapasitas baterai lebih besar. Karenanya Asus memposisikan tablet Zenpad 7.0 inch ini untuk hiburan.

Pada sisi hardware audio cover, terdapat baterai tersendiri dengan kapasitas 2300 mha. Audio cover ini memiliki 6 speaker (4 speaker utama, 1 speaker di tengah dan 1 subwoofer). Sehingga suara yang dihasilkan sudah memiliki pengalaman  5.1 channel surround sound. Tentunya suara yang dikeluarkan tidak perlu diragukan lagi. Saat mengujinya, suara yang dikeluarkan sudah jernih dan kencang walau kondisi sekitar berisik.

download_20160109_173422-picsay

Meski untuk soal audio mumpuni. Sayangnya, terdapat beberapa kekurangan yang ada diluar ekspetasi penulis. Saat dipadukan dengan audio cover, baterai tidak disatukan. Kedua baterai berjalan masing-masing. Baterai tidak diakumulatif. Ditambah lagi jika melakukan proses charging dengan audio cover akan lama. Saran penulis, untuk charging tablet sebaiknya buka terlebih dahulu audio covernya. Proses charging akan berjalan normal dan malah bisa dibilang cepat dengan adapter bawaan. Sangat merepotkan memang. Yang patut disayangkan terakhir soal audio cover adalah saat charging meski terpasang audio cover, sound akan kembali ke sound internal.

Soal konektifitas, Asus Zenpad Z370CG sudah bisa menggunakan sim card dengan konektifitas maksimal 3G. Lainnya terdapat WiFi, GPS, Bluetooth yang banyak ditemukan pada perangkat lain.

Soal kamera untuk Asus Zenpad Z370CG Theater Edition. Asus masih berbaik hati dengan memberikan resolusi 5 MP untuk kamera belakang dan 2 MP untuk kamera depan. Hasil foto yang diberikan terbilang standar. Karena tidak ada sensor gyroscope, fitur untuk kamera dengan mode PanoSphere tidak didukung.

Software

Tampilan ZenUI pada tablet diberikan berbeda jika Oprekers biasa melihat ZenUI pada seri Zenfone (smartphone). Di Zenpad, tampilan ZenUI memang dikemas khusus karena layar yang lebih besar. Untuk menu pengaturan dapat dengan mudah tanpa harus klik mengklik lagi. Sehingga lebih memudahkan dalam mencari pengaturan yang diinginkan.

Screenshot_2015-12-21-07-10-38

Masih dengan Android Lollipop 5.0.2, Asus Zenpad juga banyak diisi oleh aplikasi-aplikasi dari Asus yang banyak membantu sehingga Oprekers tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan. Jujur saja, terdapat aplikasi favorit penulis dari Asus ZenUI ini. Salah satunya adalah Asus Gallery, Contact, Asus Backup dan Asus File Manager.

Tablet ini juga sudah mendukung usb flash disc dengan konektor micro usb. Sehingga, tinggal colok ke tablet maka file yang terdapat di dalam flash disc bisa langsung dibaca dengan Asus File Manager.

Dengan fungsi hiburan dan menonjolkan sisi audio. Tentu sudah sepatutnya Asus memberikan aplikasi tambahan pada tablet ini. Aplikasi Audio Wizard memberikan pengaturan suara yang dapat dikostumisasi. Mulai dari sudut suara, jarak hingga efek suara yang terdapat 5 mode diantaranya mode Movie, Music, Smart, Gaming dan Vocal.

Screenshot_2016-01-09-18-18-54

Yang menjadi permalahan utama pada tablet Asus Zenpad Z370CG adalah terdapat bug wifi. Wifi meski sudah terkoneksi tetapi terkadang hanya bengong saja (tidak ada paket data yang diterima). Padahal saat menggunakan Asus Zenfone 2 dan Asus Zenfone Selfie tidak ada masalah. Agar bisa terhubung kembali, Oprekers harus menonaktifkan wifi lalu menghidupkannya kembali. Bug wifi ini masih dirasakan hingga artikel ini dimuat. Meski sudah ada software update, bug wifi masih ada. Diharapkan Asus dapat menggulirkan software update untuk mengatasi masalah serius ini.

Kesimpulan

Tablet Asus Zenpad Z370CG Theater Edition merupakan inovasi terbaru untuk memberikan pengalaman hiburan dengan audio yang memukau. Meski terdapat beberapa kekurang yang sudah dibahas diatas. Dengan harga yang ditawarkan cukup kompetitif yakni dengan harga sekitar Rp 2.899.000 sudah bisa mendapatkan tablet dengan sensasi home theater. Asus Zenpad Z370CG Theater Edition patut dicoba bagi Oprekers yang gemar menonton film. Sensasi home theater yang mudah dibawa kemana saja ada pada tablet ini. Ketersediian aksesoris lainnya berupa tambahan Tricover dan power case di Asus Store semakin menarik untuk dimiliki. Tertarik? Oprekers bisa mengunjungi halaman situs Asus Store untuk membelinya secara langsung. 

1 COMMENT

  1. I see your page needs some fresh posts. Writing manually takes a
    lot of time, but there is tool for this boring
    task, type in google; murgrabia’s tools

LEAVE A REPLY