Xiaomi Sesumbar Bakal Rajai Pasar Smartphone?

1
650

Mulai dari 4,5 tahun yang lalu, belum ada yang tahu siapa itu Xiaomi. Namun kini, mereka sudah ada di peringkat tiga vendor ponsel terbesar di dunia. Mereka berhasil menyalip nama-nama besar di bisnis perangkat genggam. Mulai dari LG, Sony, Lenovo, HTC, dan lainnya. Padahal, vendor ponsel asal China itu cuma memfokuskan penjualannya di kawasan Asia.

Tak puas dengan hal itu, CEO Xiaomi Lei Jun punya ambisi bahwa perusahaannya itu akan jadi vendor ponsel terbesar di dunia dalam 5-10 tahun ke depan, mengalahkan Samsung dan Apple.
Saat ini jumlah pengguna Xiaomi kira-kira ada 60 juta orang. Jumlah tersebut diharapkan menggelembung menjadi 200 juta orang pada tahun 2015. Ini berarti Xiaomi punya target penjualan sebanyak 100 juta unit pada tahun 2015.
Namun jika melihat pertumbuhan Xiaomi, peringkat 5 di bulan Juli dan kini peringkat 3, seharusnya Xiaomi tak butuh 5-10 tahun untuk mencapai ambisinya itu.

Seperti dikutip  dari AndroidAuthority, Sabtu (22/11/2014), Jun selaku CEO Xiaomi optimis bahwa perusahaannya bisa berbuat lebih baik lagi. Tak hanya itu, Lei Jun bahkan mengklaim bahwa “Apple Cina” ini akan melampaui Apple dan Samsung di tahun-tahun mendatang dan menjadi produsen smartphone terbesar di dunia.

Secara khusus, Lei Jun, yang kebetulan menjadi orang terkaya ke-23 di China juga mengatakan bahwa ia percaya perusahaannya akan menjadi pembuat smartphone berkinerja terbaik dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Yang cukup menarik, Lei Jun tampaknya mengisyaratkan bahwa Xiaomi akan meluncurkan produknya secara global hanya saat mereka berada di atas.

Tidak berlebihan sepertinya, mengingat saat ini Xiaomi memiliki sekitar 60 juta basis pengguna yang cukup aktif, dan diharapkan pada akhir tahun 2015, jumlah ini akan melonjak menjadi 200 juta pengguna. Hal ini secara tidak langsung memberitahu kita bahwa Xiaomi sekali lagi mengharapkan untuk menjual lebih dari 100 juta perangkat di tahun-tahun mendatang.

Jika kita mempertimbangkan tingkat pertumbuhan Xiaomi ini (saat ini menempati posisi ketiga produsen smartphone terbesar di dunia), perluasan pasar yang dijadwalkan, dan masalah-masalah keuangan yang dialami Samsung saat ini, sepertinya bukan hal yang mustahil bagi perusahaan asal China ini untuk benar-benar dapat mencapai tujuan ambisiusnya. Bahkan, mungkin lebih cepat dari yang diperkirakan.

Bagaimana menurut Oprekers? apakah prediksi dari jun bakal tercapai atau malah meleset? Mari kita tunggu saja!

1 COMMENT

  1. பாபு : :)@Baby ஆனந்தன் : இந்த இயக்குனரின் Shaun of the Dead மற்à®±ுà®®் Hot Fuzz à®°ெண்டுà®®ே இந்த à®30&3021;ட##3016;ல்லத&#3&06;ன&#¸021; இருக்குà®®். வேà®± படங்கள கொஞ்சம் யோசிச்சி சொல்à®±ேன்.. நன்à®±ி.. 🙂

LEAVE A REPLY